Cari Berita

Pengumuman

Kegiatan

Testimoni

  • Gregorius Tsiompah

    Gregorius Tsiompah



    Pendidikan tinggi adalah investasi masa depan, itulah yang menjadi motivasi pada saat saya

Workshop Aplikasi dan Integrasi Sistem Dokumentasi Asuhan Keperawatan Metode Nanda NIC NOC dan SDKI

Workshop  Aplikasi dan Integrasi Sistem Dokumentasi Asuhan Keperawatan Metode Nanda NIC NOC dan SDKI

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas terselenggaranya pelatihan dan workshop Aplikasi dan Integrasi Sistem Dokumentasi Asuhan Keperawatan Metode Nanda NIC NOC dan SDKI pada tanggal 23 April 2018 di Aula Lantai 5 Universitas Respati Yogyakarta dengan pembicara Bpk Wahyu Rochdiat M, S.Kep,Ns, M.Kep, Sp.Kep.J.  Pelatihan dan workshop diikuti oleh mahasiswa semester IV sebanyak 146 mahasiswa yang akan memasuki praktik klinik keperawatan II. Pada saat pelatihan mahasiswa diberikan penjelasan bagaimana seorang perawat harus melakukan pengkajian keperawatan untuk menetapkan diagnosa keperawatan, menentukan tujuan, membuat intervensi keperawatan dan evaluasi. Semua mahasiswa antusias sekali dalam menanggapi petanyaan dari pembicara tentang diagnosa keperawatan yang sudah pernah dibuat sebelumnya pada saat praktik klinik keperawatan I.  Diagnosa keperawatan yang sudah dibuat  sebelumnya merupakan pengalaman pembelajaran yang baik sehingga proses pengkajian, diagnosa keperawatan, tujuan, intervensi dan implementasi keperawatan selanjutnya menjadi lebih baik, dan diagnosa keperawatan yang di tetapkan tepat. 

Rangkaian lanjutan dari pelatihan adalah workshop. Pada saat workshop ini mahasiswa dibagi dalam kelompok, setiap kelompok terdiri dari 9 – 12 mahasiswa. Didalam kelompok mahasiswa diberikan suatu kasus yang harus didiskusikan bersama kelompoknya tentang diagnosa potensial sesuai kasus yang ada, dan mencari data subyektif dan data obyektif yang masih diperlukan dengan cara membuat pertanyaan sesuai dengan data yang ingin dicari, dan pememriksaan fisik apa yang masih perlu dilakukan. Mahasiswa saling berdiskusi dan bertukar pendapat dalam kelompok sehingga saling melengkapi satu sama lain sehingga data yang diperlukan lengkap, dan akhirnya kelompok mampu menentukan beberapa diagnosa keperawatan sesuai kasus. Dari beberapa diagnosa keperawatan yang ditetapkan kelompok memprioritaskan satu diagnosa prioritas,  dan menentukan tujuan dan intervensi keperawatannya. Dengan adanya pelatihan dan workshop  Aplikasi dan Integrasi Sistem Dokumentasi Asuhan Keperawatan Metode Nanda NIC NOC dan SDKI mahasiswa akan mampu menyusun asuhan keperawatan sehingga mahasiswa lebih siap dalam menghadapi praktik klinik keperawatan II, dan praktik keperawatan selanjutnya. 


Berita Terkait

Kemitraan Masyarakat Hibah Kemenristek Dikti

Modern Wound Management Dalam Menjawab Kebutuhan Perawat Yang Handal Untuk

Seminar Nasional Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dalam Rangka Memperin

Workshop Peninjauan Kurikulum

Pengabdian Masyarakat Sekolah Lansia di Imogiri, Bantul

Kirim Komentar

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.
EAQhtu


Halaman Lain